-->

BAHAYA! Jangan Upload 8 Foto Ini Ke Akun Sosial Media Kamu

Assalamu'alaikum. Hallo sobat Dicky? Hampir semua orang pasti sudah mengetahui yang namanya sosial media. Ya, hampir setiap orang pasti berlomba - lomba untuk membagikan hal - hal yang di kerjakan ke akun sosial media miliknya. Apalagi buat yang hobi jalan -  jalan atau travelling, sudah pasti akan membagikan momen - momen berharganya ke akun sosial media miliknya.

BAHAYA! Jangan Upload 8 Foto Ini Ke Akun Sosial Media Kamu

Akan tetapi, semakin hari sosial media yang awalnya memiliki tujuan yang baik kini menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Kenapa? Karena saat ini banyak sekali oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan sosial media untuk berbuat kejahatan, seperti penipuan, kejahatan seksual, dan lainnya.

Jangan Upload 5 Foto Ini Ke Akun Sosial Media Kamu

Nah, buat kamu yang suka upload foto ke akun sosial media milik kamu, adakalanya untuk harus berhati - hati dalam meng-upload foto ke sosial media. Karena siapa tahu kamu jadi korban kejahatan sosial media berikutnya. Untuk itu, berikut ini 5 foto yang harus kamu hindari untuk tidak kamu upload ke akun sosial media milik kamu.

1. Meng-upload Foto Balita

Masih ingat dengan kejadian yang menimpa selebritis tanah air yang mana foto - foto anaknya di ambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk digunakan sebagai modus penipuan, seperti penjualan bayi. Tak hanya itu saja, bisa juga terjadi penculikan bayi. Untuk itu, lebih baik jangan pernah meng-upload foto balita kamu ke akun sosial media ya. BERBAHAYA!


2. Meng-upload Foto Dengan Pose 2 Jari

Foto Pose Dua Jari

Mungkin terdengarnya lucu ya, masa iya upload foto pose dua jari dilarang! Tapi itulah kenyataannya. Meng-upload foto dengan pose dua jari ternyata sangatlah berbahaya. Karena pose dua jari tersebut sangat rentan terkena serangan hacker untuk mencuri sidik jari kamu. Para penjahat cyber ini akan memanfaatkan sidik jari kamu yang ada di foto yang kemudian dipergunakan untuk melakukan kejahatan yang mengatasnamakan data diri kamu.

Seperti yang dilansir dari AntaraNews.com, tim peneliti dari Japan National Institute of Informatics (NII) telah mengingatkan bahwa adanya bahaya pencurian sidik jari melalui foto - foto dengan pose dua jari. Perlu diketahui, ukuran sidik jari manusia dapat dilihat secara jelas melalui foto meskipun dari jarak tiga meter. Jadi, masih mau upload foto dengan pose dua jari ke akun sosial media kamu?


3. Meng-upload Foto Hasil Karya Sendiri

Internet itu free. Artinya siapa pun dapat dengan bebas melakukan apa saja menggunakan internet. Salah satunya adalah kebebasan upload foto ke sosial media. Jadi, semua orang bebas untuk menggunakan foto yang kamu upload ke sosial media. Foto - foto yang sering digunakan atau dimanfaatkan orang lain misalnya foto pemandangan, gambar abstrak, lukisan, dan lainnya. Untuk itu, jika kamu ingin meng-upload foto hasil karya kamu ke sosial media pastikan foto yang akan kamu upload sudah memiliki hak cipta, misalnya watermark atau keterangan hak cipta lainnya.

4. Meng-upload Foto Perkerjaan

Ilustrasi Dokumen Perusahaan

Seiring berkembang pesatnya pengguna smartphone membuat sosial media semakin mudah digunakan. Karena melalui smartphone, pengguna semakin dipermudah dalam memanfaatkan sosial media. Salah satunya upload foto. Upload foto sih sah - sah saja, akan tetapi jangan sampai foto yang menyangkut hal - hal yang berhubungan dengan pekerjaan di upload ke sosial media. Apalagi foto tersebut merupakan informasi rahasia. Tentu akan sangat berbahaya bagi perusahaan tempat kamu berkerja dan bahkan mengancam karir pekerjaan kamu.


5. Meng-upload Foto Paspor

Entah niat ingin pamer atau bukan, menggunggah foto paspor ke sosial media memang sering dilakukan oleh sebagian orang. Hal itu mungkin dilatarbelakangi oleh semangat mereka karena akan melakukan sebuah perjalanan, baik itu liburan atapun sekedar perjalanan bisnis. Mengunggah foto paspor ke sosial media sebenarnya sangatlah berbahaya. Karena akan berpotensi mengundang pihak lain untuk melakukan kejahatan.

Foto Paspor

Pasalnya, di paspor tercantum data pribadi pemegangnya, seperti foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir serta data penting lainnya. Hal ini sangat jelas berbahaya, karena orang lain bisa saja memanfaatkan data pribadi tersebut untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan, dan kejahatan lainnya. Untuk itu, jangan pernah mengunggah foto paspor kamu ke akun sosial media kamu ya.


6. Meng-upload Foto Boarding Pass

Ketika kita melakukan sebuah perjalanan menggunakan pesawat, kita perlu menjaga kerahasian data pada tiket pesawat atau boarding pass dengan baik. Karena didalam boarding pass tersebut tercantum data - data penting penerbangan yang kamu lakukan. Namun, seiring perkembangan zaman dan semakin banyaknya pengguna smartphone, membuat sebagian orang mengunggah foto boarding pass yang mereka miliki ke akun sosial medianya. Hal ini tentu saja sangat berbahaya.

Foto Boarding Pass

Mungkin mengunggah foto boarding pass ke sosial media terkesan sepele, padahal mengunggah foto tersebut ke sosial media berpotensi mengundang pihak lain untuk melakukan kejahatan. Pasalnya, di boarding pass tersebut terdapat nomor kursi dan nomor penerbangan yang telah kamu dapatkan. Hal ini tentu saja selain merugikan orang yang akan melakukan perjalanan, tetapi juga merugikan pihak maskapai penerbangan yang bersangkutan karena harus melakukan perbaikan data ulang dari orang tersebut. Hal ini tentu saja sangat merepotkan.

Jadi, jangan coba - coba mengunggah foto boarding pass yang kamu miliki ke sosial media ya.


7. Meng-upload Foto Kartu Kredit dan Kartu ATM

Foto Kartu Kredit dan Kartu ATM

Mengunggah foto kartu kredit dan kartu ATM ke sosial media jelas sangat berbahaya. Karena dengan mengunggah kedua foto tersebut akan mengundang pihak lain untuk berbuat kejahatan. Pasalnya, selain uang kamu akan dikuras habis oleh para penjahat, tetapi data - data kamu juga akan dipergunakan oleh para penjahat tersebut untuk melakukan kejahatan lainnya, seperti penipuan.

8. Meng-upload Foto Akta Lahir

Akta lahir merupakan salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara dan kita harus menjaga kerahasiaan datanya. Karena tanpa akta lahir, kita tidak bisa bersekolah, dan lainnya. Akan tetapi, akibat semakin banyaknya pengguna sosial media, membuat sebagian orang mengunggah foto akta lahir mereka ke sosial media. Ini jelas sangat berbahaya.

Pasalnya, akta lahir biasanya digunakan untuk keperluan tertentu, seperti mendaftar sekolah, pembuatan KTP, pembuatan SIM, dan lainnya. Nah, jika foto akta lahir kamu jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, makafoto akta lahir kamu bisa digunakan untuk berbuat kajahatan. Duh, mengerikan ya...

Nah, itulah 8 Foto YAng TIdak Boleh Kamu Upload ke Sosial Media. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa jadi lebih bijak lagi dalam memanfaatkan sosial media.

Wasslaam...
Labels: Info Menarik

Thanks for reading BAHAYA! Jangan Upload 8 Foto Ini Ke Akun Sosial Media Kamu. Please share...!

0 Comment for "BAHAYA! Jangan Upload 8 Foto Ini Ke Akun Sosial Media Kamu"

Komentar yang menyertakan "link mati, link aktif, mempromosikan barang, menghina, dan sejenisnya" tidak akan di publish dan akan dianggap sebagai SPAM.

*orang bijak pasti meninggalkan komentar pada setiap artikel yang dibacanya

Back To Top